Cara Mengatasi Flu Pada Anak

http://tipskesehatananakdanibu.blogspot.com/2015/03/cara-mengatasi-flu-pada-anak.html
Semua orang pasti pernah mengalami atau mengidap yang namanya penyakit flu. Flu merupakan suatu penyakit yang timbul dan menyerang saluran pernapasan. Flu ini merupakan salah satu penyakit yang menular, dimana hal itu akan terjadi sehari sebelum gejala muncul hingga seminggu berikutnya. Flu ini biasanya disebabkan oleh karena adanya virus, atau karena alergi, lamanya terinfeksi akibat dari flu ini sekitar 5 hari - 2 minggu tergantung daya tahan tubuh seseorang yang menderita. Penyakit flu ini dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Tak hanya orang dewasa, anak pun dapat terkena atau serang penyakit ini. Bahkan sebagian besar penyakit flu sering terjadi pada anak. Maka dari itu, orang tua terutama ibu harus sigap dan tahu cara mengatasi flu pada anak, agar tak terjadi kemunculan penyakit yang lebih parah dari itu, karena memang anak-anak sangat rentan sekali terhadap kondisi tersebut. Berikut dibawah ini tips kesehatan untuk ibu yang anaknya sedang terserang flu, silahkan untuk di simak dan semoga bermanfaat.

  • Biarkan anak mendapatkan banyak istirahat 
Karena anak yang sedang menderita atau terserang penyakit flu perlu banyak energi untuk melawan infeksi dari virus penyebab flu tersebut, sehingga kondisi ini dapat membuat anak menjadi lelah, maka mereka butuh istirahat yang cukup, karena dengan cara tersebut merupakan cara yang tepat pula dalam proses penyembuhan, dengan istirahat pula, akan dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak, sehingga disarankan bagi ibu yang anaknya sedang terserang flu, memberikan kenyamanan untuk anak dalam beristirahat dan tanpa gangguan.

  • Oleskan penghangat pada anak
Ketika anak ibu terserang flu, maka akan memberikan pengaruh pada hidung tersumbat, sehingga anak akan kesulitan bernapas, maka dari itu tips untuk ibu adalah mengoleskan penghangat untuk anak, seperti balsam, minyak kayu putih dan jenis penghangat lainnya yang cocok dan memang di peruntukkan untuk anak. Oleskan pada bagian leher, dada dan punggung. Sehingga dengan cara tersebut dapat membuat hidung anak menjadi lega dan bisa bernapas lebih baik, juga dapat membantunya tidur nyenyak pada malam hari.

  • Beri makan anak sup ayam
Bagi para ibu yang anaknya sedang menderita flu, jangan memberi makan anak sembarangan, karena makanan yang tak sesuai justru akan dapat memperparah keadaan, sehingga pemilihan jenis makanan untuk anak yang sedang terserang flu menjadi sangat perlu. Berilah anak sup ayam karena kandungan kaldu ayam dalam sup dipercaya dapat menenangkan tenggorokan dan melegakan hidung yang tersumbat akibat dari flu, karena sup ayam memiliki sifat anti peradangan yang dapat meredakan gejala flu lainnya, seperti demam, nyeri dan lemas.

Jika flu pada anak tak kunjung sembuh atau terus berlanjut, segeralah periksakan anak anda ke tim medis atau dokter terdekat untuk diagnosa dan penangan yang lebih tepat, atau bila perlu beri anak vitamin, suplemen atau obat yang dapat meringankan kondisi flu tersebut, namun yang tentunya jangan sembarangan dan harus aman dikonsumsi bebas dari efek samping berbahaya.


Rekomendasi Obat flu pada anak