Cara Agar Anak Tidak Mudah Sakit


Mengatasi atau menjaga kesehatan anak bukanlah perkara yang mudah dan gampang, pasalnya meski kita selalu memberikan yang terbaik untuk anak, anak tetap saja terjangkit masalah kesehatan sekecil apapun, karena memang pada usia anak yang masih dini, kekebalan tubuh atau daya tahan tubuhnya belum sepenuhnya optimal, sehingga tak heran, anak muda sakit dan rentan sekali terhadap terserangnya suatu penyakit, baik itu kronis maupun non kronis. Sehingga sering sekali para ibu yang khawatir akan kondisi kesehatan anaknya mencari cara agar anak tidak mudah sakit, karena tentu senyumannya dan kebahagiaan anak yang sehat merupakan kehangatan dan ketenangan untuk para orang tua manapun.

Menjaga kesehatan buah hati atau anak merupakan kewajiban para orang tua. Meski memang asupan makanan mempunyai peranan yang penting dalam menutrisi kesehatan tubuh, sebenarnya tak hanya dengan mengkonsumsi makanan sehat saja, karena pola makan yang teratur juga merupakan sebuah keharusan. Dan yang tentunya cara para orang tua menjaga kesehatan anak pun suatu hal yang penting agar anak terhindar dari masalah kesehatan yang dapat timbul pada anak. Banyak sekali para orang tua yang mengeluh terhadap kesehatan anaknya, apalagi banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi, baik itu faktor internal dan bahkan faktor eksternal yang dapat mengganggu kesehatan anak. Di dalam menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit sangatlah perlu untuk diperhatikan, karena jika tidak, tentunya akan dapat mengganggu aktivitas anda, mengurangi keceriaan anak dan ibu, dan bahkan menambha beban pikiran anda tentunya.

Berikut dibawah ini beberapa tips atau cara agar anak tidak mudah sakit :

  • Mengatur dan mengontrol asupan makanan anak : Menjadi suatu hal terpenting untuk para orang tua dalam memperhatikan asupan makan anak, dan memenuhi kecukupan gizinya yang seimbang, antara zat besi, magnesium, kalium, zinc, vitamin lengkap, karena hal tersebut selain berfungsi dalam menjaga anak agar tidak mudah sakit, juga membantu dan mendukung tumbuh kembangnya. Kurangi anak dalam mengkonsumsi makanan atau jajanan sembarangan dan tak higenis yang dapat menjadi tempat bersarangnya virus dan bakteri  yang dapat membuat anak jatuh sakit. Hindari juga memberikan anak makanan junk food atau siap saji, karena jika di biarkan, anak akan mengalami penyakit obesitas dan akan dengan mudah terserang suatu penyakit.
  • Menjaga kebersihan tubuh anak : Kebersihan merupakan salah satu hal yang harus terpenuhi untuk menjaga kesehatan ibu dan anak, meski anak sudah terpenuhi asupan makanannya tetapi jika kebersihan tubuh anak tidak dijaga, tidak bersih dan kotor apalah gunanya. Sehingga para orang tua mempunyai peranan menjaga kebersihan tubuh anak baik itu kebersihan mulut, anggota tubuh dan bahkan pakaiannya. Sehingga dengan begitu anda akan mempunyai kekebalan tubuh yang baik, jika tubuhnya bersih dan sehat. Rajinlah memandikan anak satu atau bahkan dua kali dalam sehari. Biasakan anak untuk rajin gosok gigi, karena gigi merupakan organ yang mudah terkena bakteri dikarenakan banyak makanan yang masuk.
  • Berikan anak istirahat yang cukup : Selain anak diberikan waktu untuk bermain bersama teman-temannya maupun dengan salah satu anggota keluarganya, tak lupa juga para orang tua harus memberi anak cukup istirahat untuk meringankan beban otak anak, karena ketika anak istirahat masa pertumbuhan anak dapat meningkat dan kesehatannya akan dapat terjaga karena pengaruh diluar tentunya menjadi minim ketika anak berisitirahat. Selain itu juga hindarkan anak dari polusi udara, apalagi jika tinggal diperkotaan, karena tinggal di perkotaan belum tentu menjamin kesehatan anak. Bahkan terkadang anak pedesaan lebih sehat dibanding dengan mereka para anak-anak yang tinggal di kota. Polusi udara yang timbul dari asap kendaraan bermotor, sanitasi yang buruk, serta kurangnya aktifitas gerak, mampu menyerang kesehatan anak secara perlahan, terutama bagi anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna.