Penyakit Cacingan Pada Anak

Penyakit cacingan pada anak

Penyakit cacingan pada anak ~ Penyakit cacingan merupakan suatu istilah dimana adanya kumpulan gejala dari gangguan kesehatan akibat adanya cacing parasit yang ada dalam tubuh. Penyakit ini merupakan suatu kondisi dari masalah kesehatan yang tidak boleh dibiarkan, karena penyakit ini termasuk berbahaya karena dapat dengan mudah menular. Namun kebanyakan orang-orang menganggap sepele, padahal penyakit ini dapat menurunkan tingkat kesehatan pada anak, terjadinya gangguan kesehatan yang lain seperti menyebabkan anemia atau kurabng darah, tingkat IQ menjadi menurun, lemas dan tak bergairah, sering mengantung, dan malas melakukan aktivitas serta berat badan dibawah normal. Penularan penyakit cacingan ini dapat menular pada seseorang dengan cara seperti dibawah ini :

Menembus telapak tangan dan kaki : Larva cacing yang sangat kecil ini dapat masuk menembus telapak tangan dan kaki, sehingga diharapkan para ibu selalu membiasakan anaknya menggunakan alas kaki saat hendak main di tanah atau memegang suatu benda yang kotor, sebaiknya menggunakan sarung tangan yang terbuat dari plastik atau karet yang tidak bocor, sehingga masuknya cacing dalam tubuh anak dapat di minimalisir.

Menular lewat sentuhan : Larva cacing ini dapat menular dan berpindah dari anak yang terinfeksi penyakit cacingan ke anak lainnya yang sehat, sehingga waspadalah saat berada di lingkungan umum apalagi kumuh, sebab dimungkinkan ada anak atau orang yang terkena cacingan, meski memang diharuskan bersalaman, segeralah mencuci tangan dengan sabun.

Jajanan yang tidak higenis : Tak hanya dapat masuk atau menular lewat sentuhan saja, ternyata cacing ini dapat masuk dalam tubuh anak lewat makanan atau jajanan yang ia makan. Apalagi jajanan anak sekolah yang ada di pinggir jalan yang belum tentu bersih dan higenis. Sehingga diharapkan menghibau para anak agar tidak jajan sembarangan, sehingga terhindar dari penyakit cacingan. Untuk alternatif lain sediakan makan siang untuk anak di sekolah, agar anak tidak jajan sembarangan ketika sekolah.

Tangan dan kuku yang kotor : Tak hanya menembus telapak tangan dan kaki, cacing atau larva ini dapat masuk melalui tangan dan kuku anak yang kotor yang jarang di bersihkan. Tangan anak yang kotor dan bahkan makanan yang tidak dicuci bersih dapat membawa cacing tersebut masuk dan bersarang dalam tubuh. Jadi pastikan selalu kebersihan tangan anak. Ajarkan anak untuk membiasakan diri selalu mencuci tangan usai melakukan aktvitas dan dari kamar mandi. Bersihkan secara teratur pula kuku anak, karena cacing bisa berkembang biak ditempat seperti itu.

Cacing yang masuk dalam tubuh anak akan berkembang dalam usus, sehingga apapun yang anak makan, cacing akan ikut makan. Maka dari itu, kebanyakan kasus, anak yang cacingan tampak kurus, perut buncit dan wajahnya pucat dan tidak bergairah, karena cacing telah menyerap nutrisi anak. Sehingga cara pencegahan menjadi suatu hal yang tepat, yaitu dengan menghindari penyebabnya. Selain itu juga disarankan untuk mengkonsumsi obat cacing dua kali dalam setahun, hal tersebut dianjurkan untuk mengobati anak yang terinfeksi cacing tapi tidak menyadarinya. Dan bagi mereka juga yang tidak menderita agar tidak terserang oleh penyakit cacingan tersebut.

Rekomendasi Obat cacingan pada anak